PREDIKSI 1

SOAL PREDIKSI UJIAN NASIONAL
BAHASA INDONESIA
TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan baik! Pilihlah jawaban A, B, C, atau D yang paling tepat!
1. Perhatikan paragraf berikut!
Munculnya semburan lumpur panas Sidoarjo bukanlah peristiwa alami tetapi lebih diakibatkan oleh kesalahan manusia dalam melakukan pengeboran migas. Dr. Mark Tingay, pakar geologi dari Curtin University, Australia menyatakan hal tersebut setelah melakukan kajian mendalam terhadap kasus semburan lumpur panas. Dugaan gempa bumi Yogya (27 Mei 2006) sebagai penyebab semburan lumpur yang diklaim LPI tidak terbukti secara ilmiah. Menurut penelitian Davis dan Mark, getaran gempa Yogya yang sampai Sidoarjo sudah amat kecil, kekuatannya seperti riak gelombang yang terjadi akibat orang melemparkan kerikil kecil di kolam.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ...
A. Dugaan penyebab bencana lumpur panas Sidoarjo karena gempa bumi Yogya (27 Mei 2006).
B. Hasil penelitian Mark Tingay dan Davis terhadap penyebab semburan lumpur Sidoarjo.
C. Semburan lumpur panas Sidoarjo muncul akibat kesalahan manusia bukan peristiwa alami.
D. Gempa Yogya yang sampai di Sidoarjo hanyalah riak kecil seperti orang melempar kerikil di kolam.
2. Perhatikan bacaan berikut!
Siswa yang baik adalah yang sadar bahwa dirinya siswa. Apa maksudnya? Maksudnya adalah sadar akan kewajibannya untuk belajar. Jika siswa sadar belajar tentu pekerjaan guru tidak begitu berat. Bagaimana tidak? Jelas bahwa siswa tugasnya adalah belajar. Belajar banyak hal. Tidak hanya menghafal rumus matematika atau fisika, tidak hanya menghafal tempat-tempat bersejarah. Tetapi siswa perlu menyadari maksud dari belajar adalah memahami banyak hal yang dapat mendewasakan dia sehingga siswa nantinya menjadi manusia berguna.
Sayang sekali, jutaan siswa di Indonesia belum sadar bahwa dirinya siswa. Jutaan siswa tidak mau belajar. Mereka begitu sombong dengan menenteng handpone. Mereka sombong hanya mau mengunjungi game center. Mereka merasa jika sudah pintar main game akan berguna. Berguna macam apa?
Kritikan yang tepat untuk teks di atas adalah …
A. Siswa yang malas memang ada, tetapi sebaiknya tidak mengatakan jutaan. Hal ini seakan-akan mengatakan bahwa semua siswa di Indonesia tidak belajar. Siswa di Indonesia itu banyak yang berprestasi, contohnya pemenang olimpiade, pemenang kejuaraan olah raga, dan lain sebagainya.
B. Siswa malas memang sangat banyak. Benar sekali dikatakan bahwa jutaan siswa tidak mau belajar. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang hanya pandai nongkrong di jalan-jalan atau di game center.
C. Belajar itu perlu, tetapi tidak seharusnya siswa itu selalu belajar. Belajar itu kadang-kadang saja kalau ada ulangan. Bukankah jika nilai ulangan bagus siswa sudah dikatakan pintar. Di Indonesia ini kan ukuran pintar hanya jika mendapat nilai tinggi.
D. Kedewasaan seseorang itu tidak dapat diukur. Bagaimana bisa dengan belajar dapat dikatakan menjadikan siswa dewasa dan bisa menjadi orang bermanfaat. Itu nonsens. Belajar hanya untuk menjadi juara kelas saja, bukan untuk menjadi dewasa.




3. Perhatikan kedua teks berita berikut!
Teks 1 Teks 2
Dampak krisis ekonomi global yang mela-hir¬kan gelombang PHK, efeknya mulai terasa di Kabupaten Magelang. Sejumlah perusahaan di kota tersebut yang bangkrut atau mengu¬rangi karyawan, mulai dicarikan solusi oleh pe-merintah setempat. Salah satu upayanya adalah mendidik para korban PHK di Balai Latihan Kerja (BLK).
Program itu sebagai salah satu upaya Dis-nakertrans untuk mengurangi pengangguran, warga miskin, dan menyiapkan tenaga kerja yang memiliki daya saing relatif tinggi di pasaran kerja. Korban PHK beberapa perusahaan di Kabupaten Magelang mengikuti pelatihan keterampilan yang diadakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Dalam pelatihan ter-se¬but, para peserta dilatih berbagai ketram-pilan yang dapat digunakan untuk mengem-bangkan usaha sendiri.
Dian mengatakan penguasaan keterampil¬an juga menjadi modal awal bagi peserta un¬tuk alih profesi dari buruh menjadi pengusaha. “Sikap mandiri akan meningkatkan daya juang mereka dalam menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat,” katanya.
Kesamaan informasi yang dibahas dalam kedua teks berita di atas adalah ...
A. Dampak krisis ekonomi global yang menyebabkan pemutusan hubungan kerja bagi karyawan di Kabupaten Magelang.
B. Pemberian pelatihan keterampilan bagi korban PHK agar dapat hidup mandiri dan bersaing di pasar kerja.
C. Pekerjaan baru Balai Latihan Kerja adalah memberi bekal keterampilan para karyawan yang terkena PHK.
D. Pengurangan pengangguran, warga miskin, dan menciptakan pengusaha oleh BLK melalui pelatihan ketrampilan.
4. Perhatikan teks berita berikut!
Jangan mudah tergiur undian. Mungkin inilah kalimat yang bijak untuk mengingatkan konsumen agar tidak tertipu dengan trik yang biasa dilakukan oknum pengusaha atau bahkan penipu. Hal ini karena undian berhadiah yang banyak disebarkan ke masyarakat ternyata menjadi kasus paling banyak yang ditangani Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK). Arman Yuriadijaya, kepala BPSK mencatat hingga bulan Oktober 2008 sudah ada 50 aduan dari konsumen. Sepuluh diantaranya merupakan aduan tentang undian berhadiah tersebut.
Pokok berita di a tas adalah ...
A. peringatan untuk konsumen agar tidak tertipu undian berhadiah
B. laporan Ketua BPSK mengenai undian berhadiah
C. pelaku atau dalang pengadaan undian berhadiah adalah oknum pengusaha
D. kasus yang paling banyak ditangani BPSK adalah kasus undian berhadiah
5. Perhatikan kedua teks berikut!
Teks 1 Teks 2
Kelangkaan pupuk bersubsidi yang terjadi di sejumlah daerah sekarang ini, tampaknya tak bisa dipisahkan dari ulah spekulan maupun pengusaha yang ingin mencari untung. Dalam operasinya Polres Pekalongan mengamankan sedikitnya 16 ton pupuk bersubsidi. Kapolres mengaku informasi adanya spekulan yang menimbun pupuk berasal dari masyarakat. Berdasarkan laporan warga Pekalongan mengenai gudang penyimpanan pupuk bersubsidi, polisi akhirnya melakukan pengintaian. Selama sepekan pengintaian, akhirnya polisi berhasil mengamankan sekitar 16 ton pupuk bersubsidi. Pemilik gudang, Ahmad Tolani mengaku menimbun pupuk agar hasil yang dia peroleh bertambah besar.
Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ...
Teks 1 Teks 2
A. bagaimana, berapa, apa mengapa, berapa, apa
B. mengapa, apa, siapa apa, berapa, apa
C. mengapa, berapa, siapa apa, berapa, siapa
D. bagaimana, berapa, siapa mengapa, siapa, siapa


6. Perhatikan paragraf berikut!
(1) Liburan Idul Adha, natal, tahun baru, dan imlek merupakan momen-momen liburan berderet dalam tahun 2008 dan awal tahun 2009. (2) Kesempatan seperti ini biasanya digunakan masyarakat bepergian danberlibur bersama keluarga serta kolega. (3)Sarana transportasiideal untuk membawa masyarakat berlibur dengan nyaman dan cepat adalah pesawat. (4) Untuk itu, Garuda Indonesia menyediakan pelayanan dan fasilitas terbaik bagi konsumen.
Kalimat fakta dalam paragraf di atas ditandai nomor …
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4)
7. Perhatikan paragraf berikut!
(1) Ali Alatas, alumni Akademi Dinas Luar Negeri Jakarta (lulus tahun 1954)dan Fakultas Hukum, UI (Lulus tahun 1956) ini meniti karier sebagai diplomat sejak berusia 22 tahun. (2) Ia mengawali tugas diplomatnya sebagai sekretaris kedua Kedubes RI untuk Bangkok (1956-1960) sesaat setelah ia menikah. (3) Kemampuan diplomasinya diuji dengan mengemban tugas sebagai Wakil Tetap RI di PBB, New York (1983-1987). (4) Pengalaman sebagai Wakil Tetap RI di PBB ini kemungkinan merupakan pengalaman yang tak terlupakan oleh Ali Alatas karena ia harus menghadapi berbagai kritikan pedas mengenai masalah Timor-Timur.
Kalimat yang berisi pendapat dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ...
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4)
8. Perhatikan paragraf berikut!
Wabah HIV/AIDS kian menggurita. Jutaan manusia kini Tengah menghadapi kematian Akibat virus yang menyeramkan itu. Tingginya angka penularan penderita HIV.AIDS tersebut karena semakin bebasnya gaya pergaulan kaum remaja/ anak muda saat ini. Dalam banyak aktivitas para remaja/ anak muda cenderung mengesampingkan nilai-nilai ketimuran yang menjunjung tingi kesopanan dan nilai-nilai keagamaan. Selain itu, perilaku pacaran remaja yang sudah tidak sehat, turut mendorong pertumbuhan dan penyebaran virus ini. Jika aktivitas dan perilaku menyimpang para remaja tidak segera dihentikan, maka penularan HVI/AIDS akan semakin menjadi.
Simpulan isi paragraf di atas adalah ...
A. Penyebab mengguritanya HIV/AIDS adalah perilaku pacaran remaja yang tidak sehat dan kurangnya remaja menjunjung tinggi nilai agama.
B. Wabah HIV/AIDS akan berkurang jika remaja/anak muda menjunjung tinggi nilai kesopanan, keagamaan dan pacaran secara sehat.
C. Jutaan manusia yang sedang menghadapi kematian akibat virus HIV/AID akan tertolong jika menjunjung tinggi nilai kesopanan.
D. Remaja/Anak muda merupakan lahan terbesar penularan virus HIV/AIDS karena pergaulan mereka yang sudah melupakan norma.
9. Perhatikan tajuk berikut!
Bukan baru sekali ini televisi mendapat cap kurang sedap, yakni ikut serta menyebarluaskan informasi atau tayangan yang menyebabkan kekerasan merebak di negeri kita. Selama ini, kita disuguhi sinetron dengan lakon yang tidak mendidik. Misalnya saja, seorang tokoh dengan mudah merebut harta kekayaan yang bukan haknya. Selain itu, ada juga sinetron dengan berbagai aksi kenakalan remaja serta keisengan anak sekolah. Di samping sinetron ada juga iklan yang tidak mendidik. Misalnya iklan salah satu layanan seluler dengan tokoh Agus yang luar biasa iseng. Ada juga acara televisi yang menyuguhkan prosesi pembunuhan atau penganiayaan dengan motif dan cara yang gambling. Tayangan-tayangan yang menurut masyarakat menarik tapi menjebak inilah penyebab merosotnya nilai-nilai kebaikan dan menjadikan televisi sebagai media penyebab kekerasan.
Gagasan utama tajuk di atas adalah ...
A. macam-macam tayangan televisi yang tidak mendidik masyarakat Indonesia
B. tokoh-tokoh tidak mendidik dari berbagai tayangan televisi
C. penyebab televisi mendapat cap sebagai penyebarluas kekerasan di Indonesia
D. semakin memburuknya perilaku masyarakat karena tayangan televisi.


10. Perhatikan tajuk berikut!
(1) Krisis global telah menimbulkan dampak negatif terhadap para pekerja, yaitu banyaknya pemutusan hubungan kerja di berbagai belahan dunia. (2) Di Amerika, sebagai pusat pusaran krisis, sampai detik ini sudah ada 560 ribu orang terkena PHK. (3) Di kawasan Eropa tak kurang dari 300 ribu orang kehilangan pekerjaan. (4) Di Malaysia, ratusan tenaga kerja Indonesia (TKI) harus pulang karena terkena PHK. (5) Di Indonesia sendiri puluhan ribu orang terkena PHK dan diperkirakan awal tahun depan sudah mencapai 130 ribu orang.
Gagasan pendukung tajuk di atas ditandai nomor ...
A. (1) (2) (4) (5) C. (1) (3) (4) (5)
B. (1) (2) (3) (4) D. (2) (3) (4) (5)
11. Perhatikan tajuk berikut!
(1) Apa yang sebenarnya terjadi di negeri ini? Hal-hal sepele semestinya tidak boleh menjadi persoalan. (2) Namun, karena tidak ditangani dengan baik, akhirnya rakyat yang menjadi korban. (3) Sebutlah, misalnya, masalah kelangkaan pupuk, premium, dan elpiji, serta ganti rugi mengenai korban Lumpur Lapindo. (4) Dikatakan sepele karena hal-hal tersebut sebenarnya bisa diprediksi, diantisipasi, dan kemudian ditangani dengan baik.
Fakta dalam tajuk di atas ditunjukkan nomor …
A. (1) B. (2) C. (3) D. (4)
12. Perhatikan tajuk berikut!
Sejumlah warga Kabupaten Bangkalan dan Sampang, Pulau Madura melakukan unjuk rasa ke KPU Provinsi Jatim di Surabaya. Unjuk rasa ini terkait keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memerintahkan pencoblosan ulang pilgub Jatim di Sampang dan Bangkalan. Sedangkan di Kabupaten Pamekasan dilakukan perhitungan ulang.
Pemungutan suara di Bangkalan karena diduga terjadi kecurangan sebelum, selama, dan setelah pemungutan suara yang dilakukan secara sistematis, terstruktur, dan masif. Sedangkan di Sampang karena diduga terjadi pencoblosan sendiri oleh petugas di TPS atas surat suara yang sengaja tidak dibagikan.
Atas dasar itu KPU dan Bawaslu harus bekerja keras mengawasi secara ketat pemilihan ulang dan penghitungan suara ulang di tiga kabupaten itu agar tercipta pemilu yang jujur dan adil. Selain itu, jangan ada pihak yang memprovokasi massa demi kepentingan sepihak agar membatalkan pencoblosan tersebut.
Pada kutipan tajuk tersebut penulis lebih berpihak kepada ...
A. masyarakat B. Mahkamah Konstitusi C. KPU D. Presiden
13. Perhatikan tajuk berikut!
Terotisme adalah serangan terkoordinasi yang bertujuan membangkitkan perasaan teror terhadap sekelompok masyarakat. Target terorisme dilakukan secara acak dan seringkali yang menjadi korban adalah warga sipil bukan militer atau polisi. Banyak alasan dikemukakan sehingga terorisme muncul di muka bumi. Alasan pertama adalah ketidakadilan. Aksi teror muncul di berbagai negara karena ketidakadilan. Akibatnya muncul kelompok separatisme, gerakan pengacau keamanan untuk memisahkan diri karena merasa diperlakukan tidak adil.
Apa pun alasannya, terorisme kini adalah persoalam yang harus diselesaikan masyarakat dunia. Aksi teror merupakan tindakan kejahatan terhadap perdamaian dan keamanan umat manusia di muka bumi.
Simpulan tajuk tersebut adalah ...
A. Masalah ketidakadilan yang menyebabkan munculnya terorisme harus segera diselesaikan agar masyarakat tidak diganggu aksi terorisme
B. Aksi terorisme tidak bisa dibenarkan karena bisa merugikan banyak pihak terutama masyarakat luas.
C. Serangan terorisme sering baik di Indonesia atau negara lain, seperti India. Aksi ini harus segera dihentikan.
D. Korban terorisme adalah masyarakat sipil bukan polisi atau tentara. Hal ini tidak adil karena masyakarat tidak tahu-menahu tentang terorisme.
14. Perhatikan tabel berikut!
Prestasi Siswa-Siswi SMP Muhammadiyah 2 Depok Semester GenapTahun 2008/2009
Macam Perlombaan Januari Februari Maret April Mei Juni
Sepak bola antarSMP se-kecamatan Depok Juara II
Majalah dinding se-Provinsi DIY Juara III
Karya Ilmiah Remaja Juara II Juara III Juara I
Menulis Sinopsis Juara I
Renang Kategori Remaja Juara I
Olimpiade Matematika Juara II Juara II
Pertanyaan yang tepat sesuai dengan isi tabel di atas adalah ...
A. Jenis lomba apa yang paling banyak dimenangkan siswa-siswi SMP Muhammadiyah 2 Depok?
B. Bagaimana cara siswa-siswi SMP Muhammadiyah 2 Depok memenangkan kejuaraan?
C. Apa yang diperoleh siswa-siswi SMP Muhammadiyah 2 Depok dalam perlombaan?
D. Mengapa siswa-siswi SMP Muhammadiyah 2 Depok dapat memenangkan kejuaraan?
15. Perhatikan grafik berikut!
Penggemar Berita Berbagai Stasiun Televisi Tahun 2008

Pernyataan yang paling sesuai dengan grafik di atas adalah …
A. Penggemar Buletin Siang lebih banyak dibandingkan penggemar Metro News.
B. Liputan 6 SCTV menyuguhkan berita yang sangat menarik sehingga digemari.
C. Liputan 6 SCTV memiliki penggemar terbanyak sepanjang tahun 2008.
D. Global petang kurang diminati pemirsa karena berita yang dihadirkan kurang aktual.
16. Cermatilah tabel berikut!
Perkembangan Jumlah Pelanggan dan Pemakai Internet di Indonesia
Tahun Jumlah Pelanggan Jumlah Pemakai
1998 134.000 512.000
1999 134.000 512.000
2000 400.000 1.900.000
2001 581.000 4.200.000
2002 667.002 4.500.000
2003 865.706 8.080.534
2004 1.087.428 11.226.143
2005 1.500.000 16.000.000
2006 1.700.000 20.000.000
2007 2.000.000 25.000.000
Simpulan yang paling tepat sesuai dengan isi tabel adalah ...
A. Jumlah pelanggan internet tidak sebanding dengan jumlah pemakainya.
B. Jumlah pemakai internet lebih banyak dibandingkan jumlah pelanggan internet.
C. Pemakai internet setiap tahunnya mengalami meningkatan yang tajam.
D. Masyarakat dapat mengakses internet meskipun tidak berlangganan internet.
17. Cermati petikan puisi berikut!
Senja di Pelabuhan Kecil
...............................................
......., Kapal, perahu tiada berlaut,
menghembus diri dalam mempercaya mau berpaut.
Gerimis mempercepat kelam. Ada juga kelepak elang
menyinggung muram, desir hari lari berenang
................................................
(Chairil Anwar, 1946)
Suasana puisi di atas adalah ...
A. sedih dan hampa c. dendam membara
B. riang gembira d. rindu dendam

18. Cermati petikan puisi berikut!
Renungan Bapak Guru
Buat apa pendidikan, aku bertanya
Mengajarmu kenal yang agung, jawab gunung
Agar kau tak tahu kekelan, jawab langit
Bisa menikmati keindahan, tambah matahari
Supaya tahu keburukan, seru hutan
Paham pada diri sendiri, siul burung
Dan bikin kau dinamis, bisik angin
.................................................
Tema puisi di atas adalah ...
A. Ketuhanan B. Sosial C. Kemanusiaan D. Pendidikan
19. Perhatikan petikan puisi berikut!
Laskar Pelangi
Mimpi adalah kunci
Untuk kita menaklukkan dunia
Berlarilah tanpa lelah sampai engkau meraihnya
Laskar pelangi takkan terikat waktu
Bebaskan mimpimu di angkasa warnai bintang di jiwa
Menarilah dan terus tertawa walau dunia tak seindah surga
Bersyukurlah pada yang kuasa cinta kita didunia selamanya
Maksud isi petikan puisi di atas adalah ...
A. Mimpi harus kita kejar meskipun sesulit meraih bintang di jiwa. Sebagai seorang laskar kita tak boleh putus asa.
B. Kunci untuk menaklukkan dunia adalah mimpi, jadi bermimpilah agar meraih cita-cita untuk menaklukkan dunia.
C. Kita harus terus berusaha meraih cita-cita kapan pun dan sesulit apa pun dengan penuh kebahagiaan.
D. Untuk meraih cita-cita kita perlu menari dan terus tertawa meskipun dunia tak indah surga.
20. Perhatikan kutipan cerpen berikut!
Tengah malam itu terdengar kucing mengeong. Istri Basuki yang kelelahan dan tertidur lelap barangkali tak mendengar lagi kucing itu terus mengeong. Tapi, Basuki belum menyelesaikan lukisannya, merasa terganggu dengan suara kucing. Ia khawatir akan memasuki lubang-lubang yang menganga di rumahnya, mencari betina.
Kucing itu suka sekali dengan ikan asin. Terbayang di benak Basuki masa kecilnya. Dulu ia suka sekali tidak menghabiskan makanannya dan memberikan sisa makanan kepada kucing. Di teras rumah ibunya dia meladeni kucing kelaparan. Ia juga teringat kucing yang terjebak di atas genting. Kucing itu sungguh ketakutan. Ia juga tidak melupakan kejadian di jalan saat ia bersepeda terjatuh karena menabrak kucing. Suara kucing yang mengganggu ketenangannya dalam melukis sangat mengganggu. Akhirnya terlelaplah basuki di ruang menggambarnya.
Latar tempat dalam kutipan cerpen di atas yang tepat adalah ...
A. teras rumah ibu
B. di atas genting
C. di jalan raya
D. di rumah basuki
21. Perhatikan kutipan cerpen berikut!
Aku tidak pernah mengira bahwa sahabatku dapat berbuat senista itu. Dia benar-benar membenciku. Sedangkan aku tidak merasa memiliki kesalahan. Ada pun kesalahanku padanya, tentu tak ku sengaja. Namun nasi sudah menjadi bubur. Semua sudah telanjur terjadi. Soal Ardian yang lebih memilih Eli itu sudah seharusnya. Eli memang lebih cantik dari pada aku. Apalah aku ini, wajah pas-pasan. Anak orang sederhana. Tapi, aku tidak peduli. Lelaki di dunia ini bukan hanya Ardian. Masih banyak orang yang lebih baik. Yang paling kusesali adalah caranya merebut perhatian Ardian. Eli memfitnah aku. Dia mengatakan bahwa aku selalu mendapat nilai tertinggi karena mencontek. Itu sungguh nista. Dalam kamus hidupku perjuangan itu adalah nomor satu.
Sudut pandang pengarang dalam kutipan cerpen di atas adalah ….
A. orang pertama pelaku sampingan
B. orang pertama pelaku utama
C. orang ketiga maha tahu
D. orang ketiga terbatas
22. Perhatikan kutipan cerpen berikut!
“Tina!” Panggil ibu.
Tina tak menyahut panggilan ibunya. Dia Tengah asyik mendengarkan radio sambil membaca novel.
“Tin! Tina! Tolong kemari sebentar, Tina!” kembali ibu memanggil dan sia-sia.
Tak sabar dengan putrinya, Bu Gondo pun mengambil sapu dan menyapu halaman sendiri. Maksud Bu Gondo memanggil Tina adalah agar dia menyapu halaman.
Selesai menyapu, kembali Bu Gondo memanggil putrinya, “Tina!” kembali tidak ada sahutan.
“Asthafirullahalazim!” Bu Gondo pun mengelu dada. Memang sejak menginjak remaja Tina berubah sikap. Dulu dia begitu rajin, tapi kini sebaliknya. Sapu yang biasa dia gunakan menyapu, kini tak lagi mendapat sentuhannya. Segala hal positif hilang bersama bertambahnya usia Tina. ”Ada apa dengan anakku, mengapa dia berubah seratus delapan puluh derajat?” tanya Bu Gondo pada dirinya sendiri.
Watak tokoh Tina dalam kutipan cerpen di atas adalah ...
A. rajin membantu orang tua
B. selalu melakukan hal positif
C. tak peduli dan malas
D. rajin belajar dan membaca
23. Cermati petikan novel berikut!
............................................................................................
Oh, tuduhan yang bukan-bukan. Dia mulai sinis. Mungkin dia berhati kejam. Salahku. Bukankah aku sudah tahu bahwa dia gampang curiga\/ dan tukang cemburu? Kenapa aku gegabah! Kenapa! Seandainya dia kejam...?! dengan rasa ngeri dipaksakannya membalas pandangan yang berapi-api itu dengan tenang. Dalam hati diulang-ulangnya: Aku enggak bersalah, aku enggak bersalah, aku enggan ber....
Jenis konflik yang menonjol dalam petikan novel di atas adalah ...
A. konflik batin C. konflik sosial
B. konflik fisik D. konflik ide
24. Cermati kutipan drama berikut!
Terdengar ketukan pada pintu luar
Bapak : Nah, pelamar kedua kini telah datang Wati.
Bapak dengan membalik terus melangkah ke arah pintu dan membukakannya. Muncullah Pelamar II, mengenakan pakaian lengkap tapi tanpa dasi. Berkaca mata hitam. Pelamar II senyum lebar, tanpa membungkukkan badan terus menjabat salam dan menggoncang-goncangkannya.
Pelamar II : Apa kabar Kawan, eh, Bapak Mertua.
Bapak : Oo, baik-baik saja, Calon Mmenantu. Dan sebaiknya diralat dulu, bukannya Bapak Mertua tapi Calon Bapak Mertua.
Pelamat II ketawa sambil melepaskan pegangan tangan Bapak.
Pelamar II : Korekt! Dengan ini kuralat kesalahucapanku ya Kawan, eh Calon Bapak Mertua.
Bapak : Nah, begitu. Selamat datang dansilakan duduk, Calon Menantu.
Latar tempat yang menonjol dalam kutipan drama di atas adalah ...
A. luar rumah C. Ruang kerja
B. ruang keluarga D. ruang tamu
25. Cermati kutipan drama berikut!
(1) Kanwa : Dik Najwa, tolong buatkan minum untuk tamu kakak!
(2) Najwa : Buat saja sendiri, Kak. Bukankah itu tamu kakak!
(3) Kanwa : Adik tidak mau membantu kakak. Ya sudah, kakak akan buat sendiri.
(4) Najwa : Kakak marah ya?
(5) Kanwa : Buat apa kakak marah, tidak ada gunanya. Kalau Adik tidak mau membantu, kakak tidak bisa memaksa.
(6) Najwa : Kak, buatkan sekalian untukku ya!
(7) Kanwa : Tidak masalah. Kakak akan buatkan, orang baik tentu akan disayang Allah.
Bukti bahwa watak tokoh Kanwa penyabar ditandai nomor …
A. (1) (3) (5) C. (3) (5) (7)
B. (2) (4) (6) D. (1) (5) (7)
26. Cermati catatan harian berikut!
Handponeku berdering. Aku segera mengangkatnya. Terdengar suara seorang wanita meyakinkan bahwa ini nomor ponselku. Aku membenarkan. Dia pun melanjutkan perkataan. Sungguh hampir pingsan aku mendengarnya. Ternyata cerpen yang aku ikutkan lomba, menang. Seribu rasa tak percaya menyelimuti hatiku. Benarkah semua ini atau hanya mimpi. Aku tak kuasa mendengar berita ini, aku pun teriak. Aku bersujud syukur. Yang kupikir saat itu bukanlah hadiah tetapi rasa haru bahwa tulisanku dihargai orang lain. Segala puji syukur kuhaturkan untuk-Mu. Tanpa-Mu aku tak mungkin memenangkan lomba ini. 4 Januari 2008 takkan pernah kulupakan.
Berdasarkan catatan harian di atas suasana hati penulis adalah ...
A. sedih C. kecewa
B. bahagia D. bangga
27. Perhatikan ilustrasi berikut!
Diana selalu mendapat nilai tertinggi di kelasnya. Namun, saat mengikuti ujian semester, Diana sakit. Dia tidak mau beristirahat. Dia tetap ingin mengikuti ujian. Diana tidak mau ketinggalan ujian. Malang tak bisa ditolak, untung tak bisa diraih. Saat mengerjakan soal ujian kepala Diana sangat sakit. Namun, dia tetap berusaha mengerjakan. Dia sudah mempersiapkan ujian jauh-jauh hari sebelum ujian.
Saat pengumuman hasil ujian, Diana yakin mendapat nilai tertinggi. Dia langsung menyerbu papan pengumuman. Apa yang dia inginkan ternyata tidak harus terpenuhi. Nilai ujian Diana mendapat peringkat tiga. Dia dikalahkan dua temannya. Dia menangis sejadinya. Dia sungguh kecewa, mengapa tidak menunda ujian.
Jika Diana menulis pengalaman yang dia alami dalam catatan harian, maka catatan harian yang paling tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah ...
A. Aku sangat bahagia karena nilai ujianku mendapat peringkat ketiga. Aku sangat bersyukur. Padahal waktu mengerjakan ujian aku dalam keadaan sakit.
B. Diana adalah gadis yang sangat cerdas. Dia selalu juara. Sayang, pada saat ujian dia sakit. Namun dia tetap mengikuti ujian. Tetapi hasilnya kurang memuaskan.
C. Penyesalan memang datang belakangan. Andaikan aku sehat saat ujian semester, tentu aku tidak mendapat peringkat ketiga tetapi pertama. Sedih, kecewa, mengapa aku harus sakit saat itu.
D. Kesedihan Diana tak terbendung karena peringkat tertinggi yang seharusnya menjadi miliknya telah diduduki temannya. Hal itu dikarenakan dia sakit saat ujian berlangsung. Sedih dan kecewa.
28. Penulisan alamat surat berikut yang paling tepat adalah …
A. Kepada Yth. Bapak Kepala SMP Negeri 1
Jalan Diponegoro 1
Yogyakarta
B. Kepada Bapak Drs. Suparjo
Kepala SMP Negeri 1
Jl. Diponegoro 1
Yogyakarta
C. Yth. Kepala Sekolah SMP Negeri 1
Jln. Diponegoro 1 Yogyakarta
D. Yth. Kepala SMP Negeri 1
Jalan Diponegoro 1 Yogyakarta
29. Cermati kutipan surat resmi berikut!
No. : 212/SMIPM/I/2009
Lamp : 1 lembar
Hal : ........................
..............................
Sehubungan dengan diadakannya pengukuhan Hisbul Wathan, kami selaku panitia memohon izin untuk menggunakan Bumi Perkemahan Babarsari. Pengukuhan HW akan dilaksanakan pada
hari/tanggal : Sabtu-Minggu, 3-4 Januari 2009
....................................................................................
Perihal surat resmi di atas seharusnya berisi ....
A. Permohonan izin menggunakan Bumi Perkemahan Babarsari
B. Permohonan penggunaan Bumi Perkemahan Babarsari
C. Permintaan peminjaman Bumi Perkemahan Babarsari
D. Penggunaan Bumi Perkemahan Babarsari untuk Pengukuhan HW
30. Cermati petikan surat pribadi berikut!
………………………………………………………..
Kiki, sedih rasanya kamu pindah ke Cilacap. Aku kesepian. Biasanya kita bermain bersama. Meskipun kesepian, aku juga merasa bersyukur, siapa tahu aku piknik ke Teluk Penyu. Aku kan bisa beristirahat di rumahmu. Boleh kan Ki. Jika musim liburan biasanya ayahku menawarkan berlibur. Nanti aku coba untuk berlibur ke Teluk Penyu. Kalau tiba saatnya aku akan menghubungi kamu.
………………………………………………………..
Kalimat penutup surat pribadi yang paling tepat sesuai dengan isi surat di atas adalah ….
A. Sudah dulu Ki, tunggu pemberitahuanku ya! Sampai jumpa di Teluk Penyu!
B. Jemput aku di terminal Cilacap ya, Ki. Sampai ketemu di Teluk Penyu!
C. Jangan lupa membalas suratku ya! Tanyakan kepada ibumu, aku boleh main tidak?
D. Sudah dulu ya, Ki. Aku akan sangat merindukan kamu.
31. Cermati memo berikut!
Dari : Sekretaris IPM
Untuk : Ketua IPM
Rifka, tolong rangkum notula rapat rutin IPM tahun 2008. Jika sudah selesai letakkan di mejaku! Terima kasih.
Yogyakarta, 5 Januari 2009
Kanwa Meytrian Roys
Pokok memo yang kurang tepat adalah ...
A. bagian isi memo C. tempat dan tanggal memo
B. pengirim dan tujuan memo D. Nama pengirim memo
32. Perhatikan ilustrasi berikut!
Kepala sekolah akan menghadiri rapat dinas. Padahal, beliau masih menunggu wali murid yang akan konsultasi. Kepala sekolah meninggalkan memo kepada wakil kepala sekolah bagian kesiswaan untuk menggantikan Beliau. Beliau meminta tolong agar hasil konsultasi wali murid tersebut dicatat dan diletakkan di meja kepala sekolah.
Isi memo yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah …
A. Harap gantikan saya melayani konsultasi wali murid. Hasil konsultasi tolong ditulis. Terima kasih.
B. Tolong gantikan saya melayani konsultasi wali murid. Hasil konsultasi harap diletakkan di meja saya. Terima kasih.
C. Wakasek Kesiswaan tolong gantikan saya melayani konsultasi wali murid. Hasil konsultasi letakkan di meja. Terima kasih.
D. Saya harap Bapak membantu saya melayani konsultasi wali murid. Hasilnya letakkan di meja saya.
33. Cermati petikan laporan berikut!
Di dalam ruangan, pengunjung akan merasakan suasana restoran yang nyaman. Ornament-ornamen bambu yang terlihat di beberapa tempat membuat suasana etnis semakin terasa. Di satu sisi ruangan, terlihat sebuah rak yang memperlihatkan produk-produk bumbu Munik. Rak tersebut seolah berfungsu sebagai”wall of fame” yang memperlihatkan produk-produk yang telah dihasilkan selama ini.
Ruangan dalam terdiri dari dua tingkat. Lantai satu memiliki kapasitas 200-250 tempat duduk atau 500 orang berdiri. Sementara lantai dua mampu menampung 80-100 tempat duduk atau 250 orang berdiri. Selain ruangan dalam, Munik juga menyediakan area taman yang berkapasitas 100-150 orang.
Pokok yang menonjol dalam laporan di atas adalah ...
A. suasana dan kapasitas restoran Munik
B. keadaan rak-rak bumbu restoran Munik
C. jumlah tempat duduk di restoran Munik
D. ornamen-ornamen bambu di restoran Munik

34. Cermati kalimat-kalimat berikut!
Cara Membuat Asbak dari Bekas Bungkus Rokok
1. Ambil kertas perak pada bungkus rokok!
2. Tempelkan kertas padalarang pada salah satu sisi. Asbak siap digunakan!
3. Siapkan bekas bungkus rokok sebanyak 12 bungkus (untuk 3 asbak), kertas padalarang, lem kertas, gunting, dan kertas karton!
4. Jika sudah berbentuk segitiga, potong kertas padalarang sesuai dengan bentuk lubangnya!
5. Masukkan bagian bawah bungkus rokok pada tutup bungkus lain! Ulangi pada bungkus rokok ketiga hingga membentuk segitiga!
Urutan yang tepat, agar kalimat-kalimat di atas menjadi sebuah petunjuk yang benar adalah ...
A. 1-3-5-4-2 C. 2-1-3-5-4
B. 3-1-2-5-4 D. 3-1-5-4-2
35. Cermati petikan bacaan berikut!
Pemuda memiliki peran penting dalam perjalanan sejarah. Tetapi tidak semua pemuda dalam setiap perjalanan sejarah berkontribusi positif. Di antara pemuda yang peduli terhadap kenyataan memprihatinkan negerinya, ada pemuda yang justru apatis. Ada pemuda yang tampil memukau penuh prestasi, namun ada pemuda yang justru menambah masalah di negeri ini. Perilaku pemuda ada yang positif, ada pula yang negatif.
Memperingati 80 tahun Sumpah Pemuda, selayaknya menjadi cermin para pemuda merefleksikan perjalanan hidupnya. Kehadiran para pemuda yang kuasa menjadi pilar bangunan negeri memang harapan setiap saat. Maka pemuda perlu menumbuhkan kesadaran bahwa mereka adalah insan yang mengusung tugas penting membangun kehidupan. Pemuda sebagai generasi penerus harus memiliki semangat untuk berkontribusi positif-signifikan bagi kemaslahatan bangsa dan negara. Kesadaran seperti itu amatlah penting mengingat kondisi kehidupan bangsa negara saat ini belum pulih dari sakit berkepanjangan.
Rangkuman yang tepat untuk petikan di atas adalah ....
A. Tidak semua pemuda dapat diandalkan. Maka jadilah pemuda yang bisa menjadi harapan negeri. Semua itu demi kemajuan megeri kita tercinta, Indonesia.
B. Peran pemuda sangat penting. Oleh sebab itu, pemuda harus sadar bahwa mereka adalah pilar bangunan negeri yang akan mengusung tugas penting membangun kehidupan.
C. Ada pemuda yang memiliki banyak prestasi, ada yang justru menambah masalah. Seharusnya pemuda sadar bahwa di tangan merekalah masa depan negeri ini.
D. Dalam perjalanan sejarah, pemuda sangat penting. Untuk itu dalam peringatan 80 tahun sumpah pemuda, sebaiknya pemuda bercermin siapa dia sebenarnya.
36. Cermati ilustrasi berikut!
Pemuda adalah harapan untuk masa depan bangsa. Ada harapan yang besar agar pemuda tangguh. Hal ini karena pemimpin masa depan sebuah bangsa adalah salah satu dari sekian banyak pemuda. Jika pemuda Indonesia bisa diandalkan, maka akan terpilih seorang pemimpin paling andal. Kemungkinan pemimpin terbaik ini dapat membawa Indonesia menjadi negara paling bergengsi di kalangan dunia. Bisa jadi, jika pemuda Indonesia tangguh ke depan bangsa ini menjadi seratus kali lebih hebat dari negara adidaya saat ini. Untuk itu diperlukan semangat agar pemuda mau belajar dan bekerja keras.
Kalimat slogan yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah ...
A. Pemuda pemimpin masa depan!
B. Pemuda, masa depan ada di tanganmu!
C. Pemuda hebat, negara kuat!
D. Belajar untuk masa depan, pemuda!
37. Cermatilah ilustrasi berikut berikut!
Pak Gondo memiliki mobil Corolla Twincam. Mobil Pak Gondo keluaran tahun 1990. Beliau tinggal di Jakarta, namun mobil Beliau memiliki plat Yogyakarta. Corrolla Twincam tersebut berwarna biru. Pak Gondo baru saja mengganti ban mobil tersebut. AC mobil dirasa Pak Gondo masih dingin dan kondisi mobil masih bagus. Bagi yang berminat membeli mobil Pak Gondo, bisa menghubungi nomor telepon 0812256577.
Iklan baris yang paling tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah ...
A. JU, Corolla Twincam th90, plat AB,
Warn biru, milik sendiri, ban baru digant
AC dingin, kondisi ok, 0812256577
B. Dijual Corolla Twincam’90, AB, blue,
Ban baru, kondisi bagus dan prima, AC
Dingin, milik pribadi
C. Diju Twincam Corolla tahun 90, AC
Dingin, kondisi prima, ban baru di
Ganti, hub pak Gondo
D. Dijual corolla Twincam’90, AB, biru, A/N
Sndr, ban baru, AC dingin, konds bgs
Hub: 0812256577
38. Iklan baris berikut yang memenuhi persyaratan adalah sebagai berikut …
A. djual rmh mwh, 4 KT, KM dlm, 1dpr
1KPem, RT, RKel, tmn dlm, list3000w,
Pam, grs 3 mbl, hrg700jt, 08122788743
B. jual mbl, Nissan livina 08, oris, Ac,
hitam met, tapevideo, velg racg
hrg nego, segera
C. BU, jual sepeda motor tahun 2008
Baru 20 km, semua orisinil
Harga 10 juta, hubungi saya
D. Dicari pemb RT pria, bs masak, tdr dlm
Ulet, rajin, tidak bny protes, gaji 1jt
Bisa naik mobil puny sim A
39. Perhatikan petikan teks pidato berikut!
Siswa merupakan bagian terpenting dari sekolah. Siswa baik dan pandai, maka sekolah akan tersohor. Jika siswa tidak berprestasi maka sekolah akan mati. Anak-anakku sekalian, betapa pentingnya kalian di sini. Apa yang akan kalian sumbangkan untuk sekolahmu? Nama baik atau sebuah kebisuan yang akhirnya akan menghancurkan sekolah ini?
Perlu kalian pahami, jika sekolah ini tidak dapat bertahan maka almamatermu tidak ada lagi. Ini artinya jika mengurus ijazah dan lain sebagainya yang berhubungan dengan sekolah ini kalian akan kesulitan. Nah, keberadaan sekolah ini penting dan sekolah ini akan terus ada tergantung kalian. Bagaimana prestasi kalian semua? Seberapa besar sumbang sih kalian untuk memperbesar sekolah ini?
Pokok pidato di atas adalah ....
A. Siswa kuat dan cerdas sekolah akan ada selamanya. Siswa malas dan tidak berprestai maka sekolah akan bangrut dan akhirnya ditutup.
B. Komponen penting sebuah sekolah adalah siswa. Siswa berprestasi sangat diharapkan untuk menjadikan sekolah tetap eksis.
C. Pertahankanlah sekolahmu dengan menyumbangkan prestasi gemilang. Janganlah bermalas-malasan karena akan merugikan kalian sendiri di masa depan.
D. Sekolah kalian adalah masa depan kalian. Maka berjuanglah demi masa depan kalian yang cerah. Berprestasilah.
40 . Perhatikan topik karya ilmiah berikut!
Topik sebuah karya ilmiah adalah perbedaan kemampuan berbahasa Indonesia berdasarkan jenis kelamin.
Rumusan masalah yang tepat berdasarkan topik di atas adalah …
A. Adakah perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam berbahasa Indonesia?
B. Bagaimana kemampuan laki-laki dan perempuan dalam berbahasa Indonesia?
C. Perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam berbahasa Indonesia apa?
D. Berbedakah kemampuan berbahasa Indonesia laki-laki dan perempuan?
41. Dari keempat paragraf berikut yang merupakan latar belakang masalah adalah ....
A. Pada tahun kemarin, siswa SLTP yang melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) lebih banyak daripada yang melanjutkan ke Sekolah Menengah Umum (SMU). Hal tersebut menunjukkan bahwa masyarakat melihat lulusan SMK lebih mempunyai peluang mendapatkan pekerjaan setelah lulus sekolah.
B. Kemampuan menulis karya sastra pada anak SLTP masih sangat rendah. Untuk itu, guru harus menggunakan pendekatan dan media yang bervariasi dalam mengajarkan menulis karya sastra. Salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis karya sastra siswa adalah gambar berseri.
C. Siswa cenderung lebih senang diajar dengan menggunakan media audio visual daripada mendengarkan penjelasan guru seperti yang terjadi selama ini. Dengan menggunakan media, minat dan perhatian siswa lebih besar. Pada akhirnya, mereka dapat lebih memahami materi yang dijelaskan oleh guru di kelas.
D. Awal tahun ajaran baru, sekolah berlomba untuk mendapatkan siswa. Banyak cara yang dilakukan sekolah untuk menarik perhatian calon siswa. Cara-cara tersebut antara lain: memberi beasiswa, memasang pengumuman, iklan melalui media cetak, mengadakan lomba, trayout, dan sebagainya.
42. Cermatilah kalimat berikut!
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mencanangkan Tahun Indonesia Kreatif 2009 yang merupakan tindak lanjut dari Bulan Indonesia Kreatif yang diselenggarakan pada Agustus 2008.
Agar efektif, kalimat di atas seharusnya …
A. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mencanangkan Tahun Indonesia Kreatif 2009 yang merupakan tindak lanjut dari Bulan Indonesia Kreatif yang diselenggarakan pada waktu Agustus 2008.
B. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mencanangkan Tahun Indonesia Kreatif 2009 yang merupakan tindak lanjut dari Bulan Indonesia Kreatif yang diselenggarakan pada bulan Agustus 2008.
C. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mencanangkan Tahun Indonesia Kreatif 2009 yang merupakan tindak lanjut dari Bulan Indonesia Kreatif Agustus 2008.
D. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mencanangkan Tahun Indonesia Kreatif 2009 di mana merupakan tindak lanjut dari Bulan Indonesia Kreatif Agustus 2008.
43. Kalimat yang penggunaan huruf kapitalnya benar adalah …
A. Biasanya curah hujan meninggi pada Bulan Desember hingga Februari, tetapi bisa sampai Maret.
B. Jika Jakarta dilanda banjir, arus barang kebutuhan pokok dari daerah sulit masuk ke pangkalan yang biasanya didatangi.
C. Kita patut bersyukur karena segenap umat Islam di negeri ini merayakan pada hari yang sama, Hari Rabu, 1 Oktober 2008.
D. Pisang Ambon dapat dibuat aneka makanan kecil yang menarik dan enak untuk dinikmati.
44. Di bawah ini yang merupakan pantun adalah …
A. Selamat siang ayahku sayang
Selamat datang, ayahku cinta
Aku begitu bahagia…
Bertemu dengan engkau
B. Jika hati rasa hampa
Jangan suka bercanda
Jika hati rasa galau
Makanlah asam saja
C. Jalan-jalan ke Pekan Baru
Jangan lupa beli tempoyak
Adik cantik berbaju biru
Maaf rok adik ada yang koyak
D. Bagai pinang dibelah dua
Bagai pucuk dicinta ulam tiba
45. Perhatikan pantun berikut!
Buah nangka buah rambutan
Buah duku berasa manis
………………………………
Bila kalah jangan menangis
Bagian rumpang pada pantun di atas seharusnya diisi dengan kalimat …
A. Selalu menang jadi teladan
B. Buah leci rasanya asam manis
C. Jadi anak harus jadi pemenang
D. Semangka berasa begitu manis
46. Cermatilah kutipan puisi berikut!
Lihatlah gunung jauh di sana
Tampak biru segar sesegar wajahmu
Pandanglah awan di atasnya
Memayungi dengan sabar
Seperti aku selalu menjagamu
……………………………………………….
Hendak mengatakan “hai.. aku cemburu” padamu
Kalimat bermajas untuk melengkapi bagian rumpang puisi di atas yang tepat adalah …
A. menemanimu selalu sepanjang waktu
B. tataplah rembulan itu, dia tersenyum
C. lihatlah wajahku yang tampan
D. lihatlah langit di atas sana
47. Perhatikan puisi berikut!

IKAN DALAM AKUARIUM
Di sini lebih selamat
airnya bersih.
......................................
Aku hanya perlu kembangkan sirip
Berenang-renang dan menari

Kalimat berima sama yang tepat untuk mengisi bagian rumpang di atas adalah ...
A. Makanan terpilih
B. Tidak pecah
C. Kaca yang menampung air
D. Di sini tidak ada lumpur
48. Cermati petikan drama berikut!
Najwa : Maaf ya Mirna, aku tidak dapat memenuhi janjiku sekarang. Aku betul-betul minta maaf. Insyaallah minggu depan aku usahakan untuk ke rumahmu.
Mirna : Tidak apa-apa Naj, aku maklum kok. Selain sekolah kamu kan harus membantu ibumu bekerja.
Najwa : Iya Mir, jika aku tidak membantu ibu jualan kue siapa lagi yang membantu?
Mirna : ......................................................................................
Najwa : Jangan Mir, nanti kamu capek.
Mirna : Ayo dong Naj, beri aku kesempatan untuk berbuat sesuatu bagi sahabatku.

Agar watak Mirna yang suka membantu teman tampak, maka seharusnya bagian rumpang di atas diisi dengan kalimat ....
A. Naj, tolong bantu aku! Aku sangat capek.
B. Naj, boleh tidak aku membantu kamu menjual kue-kue itu?
C. Bagaimana kalau aku membantumu makan kue itu?
D. Bolehkan aku membantu melihatmu menjual kue-kue itu?
49. Cermati kutipan drama berikut!
Di suatu tempat, terdapat seorang gadis menangis meratapi nasib yang dianggapnya tidak menguntungkan dia. Gadis ini ditemani sahabatnya yang setia.
Kori : Dunia kurasa tidak adil padaku. Mengapa aku yang selalu dikalahkan. Mengapa bukan dia yang jelas-jelas selalu bersikap arogan.
Arini : Kori sebaiknya tidak bicara begitu. Jangan menyalahkan dunia. Tuhan itu adil. Mungkin ada yang ingin disampaikan Penguasa Dunia ini untuk kamu. Sadarilah itu.
Kori : Apa mungkin?
Arini : .............................................................................................................................................
Kori : Asthagfirullah, aku memang orang yang kufur nikmat. Mengapa aku tidak menyadari hal itu.
Percakapan dua sahabat itu terjadi di tepi sungai. Agar latar tersebut tampak, sebaiknya bagian rumpang di atas diisi dengan kalimat ....
A. Pernahkah kamu melihat sungai yang jernih airnya? Nah, sekali-kali pergilah ke sungai dan renungkanlah kehidupan ini.
B. Sungai adalah tempat ikan hidup. Kita harus merawat sungai agar kehidupan ikan terjamin. Begitu juga dengan kehidupan kita, agar terjamin dan asri harus kita jaga dengan baik.
C. Kori jangan sedih. Bagaimana kalau kita piknik ke sungai. Nanti di sana akan kita temukan banyak hal. Dan air sungai yang jernih mungkin bisa menenangkan hatimu.
D. Mengapa tidak mungkin, lihatlah hari ini kamu bisa menikmati air yang begitu jernih. Dengan memandangnya kamu akan merasa segar. Siapa yang memantapkan hatimu kemari jika bukan atas bimbingan-Nya?
50. Cermati kutipan drama berikut!
Digo merasa bersalah. Semennjak menjadi seorang anak belum pernah sedikit pun dia menyenang hati orang tua. Dia begitu menyesal karena ibunya telah dipanggil Tuhan. Tidak ada yang dapat dia katakan kecuali rasa penyesalan.
Dirgo : Aku ini anak tidak berguna. Mengapa aku terlambat menyadari bahwa orang tua harus disenangkan hatinya.
Karyo : Sudahlah Dirgo, sekarang doakan saja almarhum. Jadilah anak soleh karena itu juga akan membantu ibumu.
Dirgo : ..........................................................................................................................
Karyo : Aku hanya memberi nasihat. Kamu jangan marah Go! Kata para ustad begitu.
Dirgo : Ah pergi kamu ...!
Konflik sosial akan tampak jika bagian rumpang diisi dengan kalimat ....
A. (bicara dalam hati) aku memang bukan anak yang baik.
B. Iya Karyo sebaiknya aku sekarang mendoakan ibu.
C. Ah kan masih ada bapakku, Karyo.
D. Kamu ini bicara apa? Jangan sok tahu Karyo. Lihat dirimu?

Postingan populer dari blog ini

PUISIKU

Bahasa Indonesia